Alat Ukur Kecerdasan Emosional yang Bisa Digunakan

Alat Ukur Kecerdasan Emosional yang Wajib Diketahui

Saat ini setiap orang dapat mengetahui tingkat EI (Emotional Intelligence) menggunakan alat ukur kecerdasan emosional. Kecerdasan emotisional adalah kemampuan penting untuk memahami, mengenali, mengelola hingga mengatur emosi kepada diri sendiri atau orang lain. Berikut beberapa jenis alat ukur kecerdasan emosional yang perlu kamu ketahui.

Alat Ukur Kecerdasan Emosional

1. MSCEIT

Pertama terdapat MSCEIT atau Mayor Salovey Caruso Emotional Intelligence Test. MSCEIT sendiri merupakan sebuah kuesioner penelitian atau teknik yang berperan penting dalam mengetahui nilai kecerdasan emosional seseorang.

Tes ini didasarkan pada 4 dimensi kecerdasan emosional, seperti facilitation of thought, perception, understanding hingga regulation. Umumnya MSCEIT digunakan sebagai alat ukur serta alat evaluasi kecerdasan emosional pada pekerja.

Sementara itu, tes MSCEIT akan fokus pada penilaian terhadap kemampuan seseorang untuk dapat melakukan proses terhadap informasi emosional. Hingga nantinya individu dapat memanfaatkan dalam menyelesaikan masalah yang erat kaitannya pada emosi.

2. The Emotional Competence Inventory

Berikutnya ECI atau Emotional Competence Inventory. ECI adalah alat ukur kecerdasan emosi yang mulai banyak diimplementasikan dalam proses tes kecerdasan emosi seseorang.

ECI bekerja dengan menggabungkan karya penting dari Dr. Richard Boyatzis dan Dr. Daniel Goleman serta penelitian kompetensi yang dimiliki Hay Group. Setidaknya selama 35 tahun, teknologi penilaian ini telah terbukti baik di lapangan.

3. Emotional and Social Competence Inventory (ESCI)

Terakhir ada ESCI atau Emotional and Social Competence Inventory. ESCI adalah alat ukur kecerdasan emosioanl seseorang yang berbentuk kuesioner penilaian.

ESCI bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kemampuan sosial hingga emosional seseorang. Metode ini emang lebih sering dipakai dalam dunia kerja.

Fungsi ESCI dalam dunia kerja untuk melakukan evaluasi terhadap kemampuan karyawan dalam proses pengelolaan emosi hingga interaksi sosial. Bahkan ESCI memiliki beberapa kompetensi pengukuran penting dalam prosesnya.

Itulah beberapa alat ukur kecerdasan emosional yang wajib diketahui. Kamu dapat mengikuti tes pengukuran kecerdasan emosional tersebut bersama ahlinya ya!